TIPS JITU MEMBUAT KEMASAN SAMBAL DIJAMIN AWET

By Admin

TIPS JITU MEMBUAT KEMASAN SAMBAL DIJAMIN AWET

Menjual sambal dalam kemasan adalah cara terbaik dalam berbisnis. Namun masih ada saja beberapa pengusaha yang belum tahu cara terbaik dalam mengemas produknya menjadi awet dan tahan lama. Bukan karena tidak/belum tahu, mungkin juga dikarenakan banyak aktifitas sehingga tak sempat mencari tahu cara-cara terbaik yang recomended dalam mengemas Sambal. Oleh sebab itu, Mimin akan bongkar caranya khusus untuk semua Sahabat topbotol disini.


Yuk simak tips jitu membuat kemasan sambal yang dijamin awet dan tahan lama, sebagai berikut :

  • Hal pertama adalah memilih jenis kemasan, kemasan plastik atau botol. Gunakan botol kaca atau botol plastik yang tebal (PET jenis foodgrade dengan ketebalan minimal 3,2 mm).
  • Untuk botol kaca, itu harus disterilkan dulu. Sterilisasi botol kaca dengan merebusnya dalam air panas selama ± 30 menit. Keringan botol dengan cara meniriskannya. Hal ini akan mencegah adanya bakteri dari botol kaca yang dapat mempercepat kerusakan sambal.
  • Agar sambal awet, masak sambal hingga benar-benar matang. Bahan-bahan dan bumbu yang benar-benar matang akan memperanjang umur simpan sambal.
  • Dalam mengemas sambal, gunakan teknik hot filling saat mengisi sambal ke dalam botol kaca. Kemaslah sambal dalam keadaan masih panas. Suhu yang dianjurkan minimal 82° C. Setelah diisi, tutup botol, dan rebus dalam air mendidih selama ± 10 menit untuk 'menyegelnya'.
  • Mengemas dalam botol plastik, sambal harus dalam keadaan dingin terlebih dahulu. Itu karena uap panas dan pedasnya sambal yang terperangkap dapat membuat botol menggelembung dan sambal meluap.
  • Tutup botol serapat mungkin. Cara ini bisa dilakukan dengan pemberian segel alumunium pada penggunaan botol plastik atau tutup plastik pada botol kaca.
  • Mengemas dalam plastik juga bisa menjadi salah satu cara. Gunakan plastik tebal dan kedap udara agar tidak ada udara yang membuat sambal lekas basi.
  • Pastikan kadar minyak dalam sambal banyak saat memasak sambal. Itu karena minyak dapat menjadi pengawet alami.
  • Cara lain yang bisa dicoba untuk mengawetkan sambal secara alami adalah dengan menambahkan tomat atau jeruk nipis, itu karena dapat meningkatkan kadar asam sambal yang membuat umur simpannya lebih panjang.
  • Terakhir dan yang Wajib dilakukan, sebelum Sambal Kemasan didistribusikan adalah mencantumkan TULISAN DALAM KEMASAN SAMBAL. Tuliskan pesan PERHATIAN KHUSUS untuk menyimpan sambal kemasan dalam kulkas setelah dibuka.


Oke.. caranya sudah Mimin bongkar ya Sahabat.. Selamat berproduktifitas !!!!
Sukses untuk Sahabat Topbotol.

 

 

 

Salam,
Tim Topbotol